Slider

Powered by Blogger.

Inspirasi

Misteri

Health

Fashion

Kuliner

Video Rekomentasi



Tanah air ku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidakkan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai

Walaupun banyak negeri kujalani
yang mahsyur permai di kata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Disanalah ku rasa senang
Tanah ku tak kulupakan
Engkau kubanggakan

Tanah air ku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidakkan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai 

Title song: Tanah ai
By          : Ibu Soed

      Apa yang anda rasakan ketika mendengar lagu yang berjudul "Tanah Air" karya Ibu Soed? terharukah? sedihkah? senangkah? marahkah? atau tidak merasakan apa-apa?
    
     Indonesia, bicara tentang indonesia tentu tidak akan lepas dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika. apa itu Bhineka Tunggal Ika? Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan Indonesia. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuna dan seringkali diterjemahkan dengan kalimat “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. Diterjemahkan per patah kata, kata bhinneka berarti "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti "macam" dan menjadi pembentuk kata "aneka" dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti "satu". Kata ika berarti "itu". Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan "Beraneka Satu Itu", yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan. Kalimat ini merupakan kutipan dari sebuah kakawin Jawa Kuna yaitu kakawin Sutasoma, karangan Mpu Tantular semasa kerajaan Majapahit sekitar abad ke-14. Kakawin ini istimewa karena mengajarkan toleransi antara umat Hindu Siwa dengan umat Buddha.
Bangsa Indonesia memang beragam, mulai dari beragam suku, adat, bahasa, agama, bentuk wajah, warna kulit, alat musik, tari-tarian, bahkan makanan pokoknya pun berbeda-beda. kita harus bangga dengan negara Indonesia, karena hanya negara indonesialah yang mempunyai keanekaragaman yang sangat banyak di bandingkan negara lain. disamping keanekaragaman di atas, indonesia juga mempunyai kekayaan alam dan flora fauna yang menakjubkan sekali. bahkan banyak turis asing yang menyebutkan bahwa surganya dunia itu ada di negara Indonesia. selain itu juga Indonesia  terkenal dengan masyarkatnya yang harmonis dan santun, sehingga banyak turis asing betah melancong ke Indonesia.
      
Tapi, pernahkah anda berpikir Indonesia yang kaya sumber daya alam, kaya akan budaya, kaya akan flora dan fauna, tetapi masyarakatnya masih jauh tertinggal dengan negara lain. baik tertinggal dari segi ekonomi, teknologi, kesehatan, dan pendidikan. siapakah yang bertanggung jawab atas ketertinggalan kita? pemerintahkah? tanah indonesia kah? laut Indonesiakah? hutan Indonesiakah? atau nenek moyang kita yang membentuk negara Indonesia yang terlalu luas, sehingga sulit mengurusnya. apakah ini adalah takdir yang di berikan oleh Alloh SWT kepada negara ini? ya, ini adalah takdir dari  Alloh SWT, tapi ingat takdir itu ada yang bisa di rubah  dan ada yang tidak bisa di rubah. nah takdir negara kita tentunya bisa di rubah dengan tangan kita, tangan bangsa Indonesia. jangan salahkan pemerintah, kangan salahkan alam ini, tapi bangkitlah dan bangun Indonesia menjadi lebih baik, karena yang bertanggung jawab atas ketertinggalan ini ialah kita yaitu generasi emas Indonesia. mengapa kita generasi emas Indonesia? karena negara kita akan mendapatkan bonus demografi yang langka dan luar biasa. tentu saja bonus demografi tersebut harus diimbangi dengan kualitas masyarakatnya. buat apa kita mendapatkan bonus demografi kalau kualitas bonus demografi tersebut sangat rendah.
# bersambung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comments
Viewed Articles

2 komentar

i love Indonesia. Tapi aku bisa melakukan apapun untuk negara ini

semangat membangun indonesia :)

Thanks For Your Comment Here