Slider

Powered by Blogger.

Inspirasi

Misteri

Health

Fashion

Kuliner

Video Rekomentasi



Sebagian besar siswa SD, SMP, dan SMA sangat tidak menyukai pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dikarenakan beberapa alasan dari mulai materinya kebanyakan teori dan hafalan sampai ada yang beralasan guru Pendidikan Kewarganegaraanya yang sangat menjenuhkan dan membuat para siswa jenuh dan ngantuk saat proses belajar PKn.
Kebanyakan guru Pendidikan kewarganegaraan menggunakan metode klasik (ceramah)  dalam menyampaikan materi kepada siswa. Akibatnya kebanyakan siswa tidak mengerti tentang Pkn dan bahkan ada yang sampai tidak suka dengan  pelajaran tersebut. Oleh sebab itu guru PKn harus menggunakan metode-metode mengajar yang simpel dan kreatif, sehingga siswa mampu menangkap teori yang diajarkan dan merasa senag jika belajar PKn. Salah satu metode mengajar tersebut ialah metode “Mind Map”.
Mind Map adalah suatu teknik visual yang dapat menyelaraskan proses belajar dengan cara kerja alami otak. Metode ini sebenarnya bukanlah metode yang baru. Dalam dunia pembelajaran, system ini telah digunakan selama bertahun-tahun. Metode ini dipopulerkan oleh Tony Buzzan pada awal tahun 1970. Artinya metode ini telah teruji sekian puluh tahun. Metode belajar ini paling banyak digunakan di Negara-negara maju seperti Eropa, USA, Singapura dan Negara maju lainnya.
A. Pengertian Mind Map

Pernahkah anda mengenal istilah Mind Map atau peta pikiran? Saat ini Mind Map menjadi salah satu metode penting yang harus dikuasai oleh seseorang untuk membantu menyelesaikan problem hidupnya. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Mind Map, ada hal yang perlu anda ketahui. Otak kita secara mental dibagi menjadi dua belahan atau hemisfer, yaitu otak kiri dan otak kanan. Masing-masing otak tersebut mempenyai intensitas fungsi dan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Otak kiri berhubungan dengan aktivitas-aktivitas seperti bahasa, angka, analisa, logika, urutan, hitungan, dan sebagainya. Sedangkan otak kanan berhubungan dengan hal-hal seperti kreativitas, konseptual, seni/warna, music, emosi, imajinasi, dan sebagainya. Ketidakseimbangan penggunaan otak kiri dan otak kanan akan menyebabkan ketidakoptimalan dalam menyerap materi. Bahkan ini akan menimbulkan gangguan dalam belajar dan bekerja. Berikut ini adalah contoh gangguan yang timbul karena ketimpangan otak kanan dan otak kiri :
a.    Mudah Lupa
b.    Tidak bisa konsentrasi
c.    Tidak kreatif
d.    Otak merasa sudah penuh
e.    Daya tangkap kurang
Untuk mengatasi hal iti kita harus menggunakan otak secara alami, dengan cara ini kita bisa mengoptimalkan kedua belah otak. Sistem Mind Map sebenarnya bukanlah hal baru. Dalam dunia pembelajaran, system ini telah digunakan selama bertahun-tahun. Metode ini ditemukan sekaligus dipopulerkan oleh Dr. Tony Buzzan di awal tahun 1970. Artinya, system ini telah teruji sekian puluh tahun. Sistem Mind Map adalah suatu teknik visual yang dapat menyelaraskan proses belajar dengan cara kerja alami otak. Menurut prinsip-prinsip Brain Management, metode Mind Map ini dikatakan sesuai dengan kerja alami otak, adapun prinsip-prinsipnya adalah sebagai berikut :
a.    Menggunakan kedua belah otak
b.    Belajar bagaimana cara belajar
c.    Menggunakan otak secara alami
B. Manfaat Mind Map
Manfaat Mind Map itu banyak sekali, salah satunya manfaat Mind Map untuk bidang pendidikan adalah sebagai berikut :
a.    Meringkas
b.    Mengkaji ulang
c.    Mencatat
d.    Melakukan bedah buku
e.    Mempresentasikan bahan ajar
f.    Melakukan penelitian
g.    Mengelola waktu
h.    Mengelola diskusi kelas
i.    Dan lain-lain
Disamping itu juga ada beberapa benefit dari Mind Map diantaranya :
a.    Dapat melihat gambaran secara menyeluruh dengan jelas
b.    Dapat melihat detilnya tanpa kehilangan benang merahnya antar topic
c.    Terdapat pengelompokan informasi
d.    Menarik perhatian mata dan tidak membosankan
e.    Memudahkan kita berkonsentrasi
f.    Proses pembuatannya menyenangkan karena melibatkan gamba-gambar, warna, dan lain-lain
g.    Mudah mengingatnya karena ada penanda-penanda visualnya
C. Pembuatan Mind Map
     Untuk membuat Mind Map, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut :
a.    Kertas, anda bisa menggunakan kertas putih atau yang polos. Sebaiknya minimal kertas berukuran A4.
b.    Pensil warna atau spidol. Meskipun bolpoin juga cukup, tetapi sebaiknya menggunakan pensil berwarna, agar anda dapat memvisualisasikan ide-ide anda dengan baik
c.    Imaginasi
d.    Otak kita sendiri
D. Elemen-Elemen Mind Map
Setiap Mind Map mempunyai elemen-elemen sebagai berikut :
a.    Pusat peta pikiran
Pusat peta pikiran ini merupakan idea tau gagasan utama. Jika anda sedang memimpin rapat, pusat peta pikiran adalah judul rapat anda. Jika anda sedang merangkum buku, pusat peta pikiran adalah judul buku tersebut.
Anda dapat menuliskan pusat peta pikiran tersebut dalam bentuk teks atau suatu gambar. Saat anda memulai membuat peta pikiran, tuliskan atau gambarkan pusat peta pikiran di tengah-tengah kertas anda. Jadi peta pikiran benar-benar topic sentral dari apa yang ingin anda visualkan. Dengan menuliskan pertama kali, pikiran anda akan focus pada pokok permasalahan.
b.    Cabang utama
Cabang utama adalah cabang tingkat pertama yang langsung memancar dari pusat peta pikiran. Cabang utama ini juga dapat disebut Basic Ordering Ideas (BOI). Ada juga yang menyebutnya Main Branch.
c.    Cabang
Cabang merupakan pancaran dari cabang utama. Anda dapat menuliskannya ke segala arah.
d.    Kata
Setiap cabang berisi satu kata kunci (keyword). Kata kunci tersebut ditulis diatas cabang.
e.    Gambar
Tidak ada aturan baku tentang penggunaan gambar. Sangat subyektif. Anda dapat menggunakan gambar-gambar yang anda sukai.
f.    Warna
Gunakan warna-warni yang menarik dalam peta pikiran anda. Semakin berwarna, semakin hidup. Semakin hidup peta pikiran anda, semakin memarik. Semakin menarik peta pikiran anda, semakin anda tertarik untuk memandanginya.
E. Implementasi Mind Map pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Implementas Mind Map pada proses pembelajran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah yaitu dengan cara memberikan materi yang telah berbentuk Mind Map yang menarik, sehingga sangat membantu siswa dalam memahami teori-teori Pkn yang identik dengan hafalan semua selain itu juga membuat tidak jenuh dalam belajar PKn .

2.2 Pembahasan
    Mind Map adalah cara termudah untuk menempatkan infomasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar dari otak. Mind Map adalah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan mmetakan pikiran-pikiran kita. Selain itu juga mind map juga sangat sederhana dan tidak ribet. Kita bisa membandingka Mind Map dengan peta kota. Pusat Mind map mirip dengan pusat kota. Pusat Mind Map mewakili ide terpenting. Jalan-jalan utama menyebar dari pusat mewakili pikiran-pikiran utama dalam proes pemikiran kita. Jalan-jalan sekunder mewakili pikiran-pikiran seunder, dan seterusnya. Gambar-gambar atau bentuk-bentuk khusus dapat mewakili area-area yang menarik atau ide-ide menarik tertetu.
Bandingkan Mind Map dengan peta kota Sama seperti peta jalan, mind Map akan :
a.    Memberi pandangan menyeluruh pokok masalah atau area yang luas
b.    Memungkinkan kita merencanakan rute atau membuat pilihan-pilihan dan mengethui kemana kit akan pergi dan dimana kita berada
c.    Mengumpulkan sejumlah besar data di satu tempat
d.    Mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan kita melihat jalan-jalan terobosan keatif baru
e.    Menyenangkan untuk dilihat, dibaca, icerna, dan diingat
Mind Map juga merupakan kesamaan. Semuanya menggunakan warna, semuanya memiliki struktur alami yang memancar dari pusat. Smuanya menggunakan garis lengkung, simbol, kata, dan gambar yang sesuai dengan cara kerja otak. Dengan Mind map, daftar informasi yang panjang bisa dialihkan menjadi diagram warna-warni, sangat teratur, dan mudah diingatyang bekerja selaras dengan cara kerja alami otak dalam melakukan berbagai hal.
Menurut prinsip-prinsip Brain Management, metode Mind Map ini dikatakan sesuai dengan kerja alami otak, adapun prinsip-prinsipnya adalah sebagai berikut :
A.    Menggunakan kedua belah otak
Kebanyakan sekolah di Indonesia hanya mengandalkan satu belhan otak saja. Anak didik dipaksa untuk menghafal pelajaran yang notabene itu wilayah otak kiri. Itulah sebabnya, daya hafal anak-anak tersebut sangat pendek. Sekarang belajar mati-matian, sau minggu lagi apa yang mereka hafal akan hilang, bahkan tidak berbekas. Ketidakseimbangan penggunaan otak kiri dan otak kanan akan menyebabkan ketidakoptimalan dalam menyerap materi. Bahkan ini akan menimbulkan gangguan dalam belajar dan bekerja. Berikut ini adalah contoh gangguan yang timbul karena ketimpangan otak kanan dan otak kiri :
a.    Mudah Lupa
b.    Tidak bisa konsentrasi
c.    Tidak kreatif
d.    Otak merasa sudah penuh
e.    Daya tangkap kurang
Untuk mengatasi hal iti kita harus menggunakancara belajar yang efektif dan efesiaen.berikut ini teknik-teknik yang dapat kita pelajari. Hasilnya akan luar biasa jika anda menggabungkannya dengan brain management :
a.Teknik Mancatat
b. Teknik Membaca
c. Teknik Mendengarkan
B.    Menggunakan  Otak dengan Cara Alami
Bagaimana menggunaan proses otak secara alami? Contohnya, saat anda berkenalan dengan orang, kita tentu saling memperkenalkan nama. Tentu yang anda ingat adalah ekspresi wajah, bentuk muka, warna kuit, bentuk hidung, dan sebaginya. Bukan sederet tulisan namanya. Itu artinya, kita melibatkan otak kanan untuk berkenalan dengan sseorang. Penggunaan otak secara alami merupakan optimalisasi kedua belah otak. Bukan hanya membebankan pada satu otak saja. Beban yang berlebihan pada otak kiri akan menyebabkan seseorang merasa bosan, mudah lupa, melamun, dan sebagainya.
C    .   Mind Mapping

Sistem Mind Map sebenarnya bukanlah hal baru. Dalam dunia pembelajaran, system ini telah digunakan selama bertahun-tahun. Metode ini ditemukan sekaligus dipopulerkan oleh Dr. Tony Buzzan di awal tahun 1970. Artinya, sistem ini telah teruji sekian puluh tahun. Sistem Mind Map adalah suatu teknik visual yang dapat menyelaraskan proses belajar dengan cara kerja alami otak. Menurut prinsip-prinsip Brain Management, metode Mind Map ini dikatakan sesuai dengan kerja alami otak, adapun prinsip-prinsipnya adalah sebagai berikut :
a.    Menggunakan kedua belah otak
Pencatata menggunakan sistem peta pikiran, tidak saja menggunakan otak kiri, tetapi juga menggunaka otak kanan. Dimana kita mencatat dengan melibatkan simbol-simbol atau gambar-gambar yang kita sukai. Kita juga dapat menggunaka warna-warna untuk percabangan-percabangan yang mengindikasikan makna tertentu. Selain itu juga bisa melibatkan emosi, kesenangan, kreatifitas kita dalam membuat catatan-catatan.
b.    Belajar bagaimana cara Belajar
c.    Menggunakan Otak secara Alami
Karena Mind Map melibatkan kedua belah otak, maka Mind Map ini bekerja selaras dengan cara kerja alami otak.   
Disamping itu juga ada beberapa benefit dari Mind Map diantaranya :
a.    Dapat melihat gambaran secara menyeluruh dengan jelas
b.    Dapat melihat detilnya tanpa kehilangan benang merahnya antar topic
c.    Terdapat pengelompokan informasi
d.    Menarik perhatian mata dan tidak membosankan
e.    Memudahkan kita berkonsentrasi
f.    Proses pembuatannya menyenangkan karena melibatkan gamba-gambar, warna, dan lain-lain
g.    Mudah mengingatnya karena ada penanda-penanda visualnya
Kita sudah mengetahui apa itu Mind Map, dan manfat metode Mind Map, selanjutnya kita membahas cara membuat Mind Map. Untuk membuat Mind Map , kita perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut :
a.    Kertas, anda bisa menggunakan kertas putih atau yang polos. Sebaiknya minimal kertas berukuran A4.
b.    Pensil warna atau spidol. Meskipun bolpoin juga cukup, tetapi sebaiknya menggunakan pensil berwarna, agar anda dapat memvisualisasikan ide-ide anda dengan baik
c.    Imaginasi
d.    Otak kita sendiri
selanjutnya kita akan menciptakan mindmap, sebagai topik kita akan mengambil liburan yang akan datang. Kita akan menggunakan kekuatan imajinasi dan asosiasi kita untuk membuat Mind Map tentang kemana kita ingin pergi.
Tahap Satu
Pertama-tama ambilah seembar kertas dan beberapa pena warna. Putar kertas sehingga sisi panjangnya terletak mndatar. Di tengah kertas, buatlah sebuah gambar yang menggambarkan arti liburan bagi kita. Gunakan pena warna dan imajinasi kita.

Tahap Dua
Selanjutnya, gambarlah beberapa cabang tebal yang memancar keluar dari gambar sentral. Gunakan warna yang berbeda untuk setiap cabang. Cabang-cabang ini mewakili pikiran-pikiran utama kita tentang hal-hal yang berkaitan dengan liburan. Ketika membuat Mind Map, anda bisa membuat berapun jumlah cabang, tetapi untuk tujuan latihan ini, batasi jumlah cabang lima atau enam saja. Pada setiap cabang, tulislah dngan jelas dan dengan huruf besar lima kata kunci tunggal yang muncul dibenak ketika anda berpikir tentang liburan mendatang kita. Jika kita membantu imajinasi kita untuk memilih kata-kata kunci, ajukan beberapa pertanyaan kepada diri kita misalnya “keman kita ingin pergi?(mungin kata kuncinya adalah Tujuan)”.

Tahap Tiga
Sekarang mari kita gunakan asosiasi untuk mengembangkan Mind Map ke tahap berikutnya. Pandangi kata-kata kunci yang telah kita tulis untuk setiap cabang utama. Apakah kata-kata ini memicu ide-ide selanjutnya? Misalnya, ketika menelaah ide utama tentang pemesanan, pikikn berbagai cara pemesanan atau kapan anda akan memesannya. Apakah melalui agen, internet, perpustkaan atau rekoendasi dari teman? Gambarlah cabang-cabang lanjutan yang memancar dari setiap kata kunci untuk mengakomodasi asosiasi-asosiasi yang anda buat. Sekali lagi, jumlah anak cabang akan tergantung dari jumlah ide yang and temukan, artinya tidak terbatas.
Dengan demikian Metode Mind Map sangat cocok di praktekan dalam proses pembelajaran di sekolah karena dapat membantu anak untuk lebih cepat paham tentang materi-materi yang diajarkan oleh gurunya. Lebih khususnya metode Mind Map sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Kwarganegaraan di sekolah, terlebih kebanyakan siswa banyak yang tidak suka dengan pelajaran ini, oleh sebab itu dengan diterapkannya metode ini diharapkn siswa merasa senang belajar Pendidikan kewarganegaraan dan mengerti akan materi-materi yang bersangkutan dengan pelajaran itu, dan yang lebih peting adalah mengimplementasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comments
Viewed Articles

4 komentar

Semangat gan ,, tambah artikel terus
untuk info HP :
indohp33.blogspot.com
eboklik.blogspot.com

ya semangat gan :) maksih atas kunjungannya gan :)

kalau lagi pengen brainstorming ide biasanya bikin mindmap :D

Thanks For Your Comment Here