Slider

Powered by Blogger.

Inspirasi

Misteri

Health

Fashion

Kuliner

Video Rekomentasi

Kata "Sholat" sudah tidak asing lagi di telinga kita, ya tentunya telinga kita sebagai orang islam atau biasa di sebut muslim. sholat adalah salah satu bagian dari rukun islam yang ke-dua setelah mengucapkan syahadat. Tahukah anda, sholat merupakan hal yang wajib dikerjakan oleh seluruh muslim di dunia. Saya masih terngiang-ngiang dengan perkataan ustad yang mengajar saya sekola agama di tasikmalaya " sholat itu hukumnya fardu ain, artinya wajib bagi semua kepala umat muslim dan tidak boleh diwakilkan", selain itu juga beliau pernah berkata " Jika sholatmu bagus, maka amalan lainnya juga akan bagu dan jika kamu mau melihat kepribadian seseorang, maka lihatlah sholatnya". Saya juga masih ingat pesan orang tua dan nenek saya ketika saya pertama kali merantau untuk mencari ilmu ke kota bandung, beliaua berkata " Peupeujeuh Ulah ninggalkeun sholat jeung ulah ngahirkeun sholat, mamah mah teu ridho lamun apin ninggalkeun sholat". Pesan itu sungguh ringkas tapi bermakna sangat luas maknanya, orang tua kita tidak ingin anaknya menjadi orang yang rugi dikemudian hari.

Siapa yang belum pernah dengar kalimat ini "Sholat itu tiangnya agama"? saya pikir semu muslim pernah mendengar kalimat ini, kecuali bayi yang baru lahir hhheee. ya bener sholat memang tiangnya agama, ibadah wajib umat muslim salah satunya adalah sholat. jika umat muslim tidak melaksanakan sholat maka salah atu tiang agama agaa islah akan roboh (naudzuillah).  mungkin anda bertanya-tanya mengapa saya memposting arikel yang berjudul " Bahaya Sholat 5 waktu" ,kan sholat itu wajib hukumnya  dan pasti pahalanya sangat besar karena hukumnya wajib. ya memang sholat yang 5 waktu itu  pahalanya sangat besar apalagi dikerjakan secara berjamaah, pahalanya bisa mencapai 25x lipat dari pada sholat sendiri. lalu apa bahayanya sholat 5 waktu? sebelum saya bahas tentang bahaya sholat 5 waktu, saya mau bertanya pada kalian.
 Apakah kalian suka mengerjakan sholat fardhu dengan tepat waktu?
a. Sering tepat waktu
b. Kadang tepat waktu
c. Tidak Pernah tepat waktu
*jawablah dalam hati dan renungkanlah
Dari Pertanyaan di atas, apakah kalian peka akan adanya bahaya sholat yang 5 waktu itu? bahaya disini bukan mashalah sholatnya, tetapi bahaya karena kita sering melalaikan sholat fardhu tersebut.
 Allåh subhanahu wa ta’ala berfirman,
فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ . الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ
“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS. Al-Maa’uun: 4-5)
Sa’id ibn Abi Waqqash ketika ditanya tentang makna ayat diatas, beliau berkata:
إِنَّهُ لَيْسَ ذَلِكَ ، وَلَكِنَّهُ إِضَاعَةُ الْوَقْتِ
Sesungguhnya maksud ayatnya tidak seperti yang engkau kira (yaitu meninggalkan shalat), akan tetapi maksudnya adalah MELALAIKAN SHALAT DARI WAKTU-NYA (yaitu seorang yang lalai dari shalat, kemudian shalat diluar waktunya)
Al-Haafizh Ibnu Katsiir rahimahullahu ta’ala berkata, yang dimaksud orang-orang yang lalai dari shalatnya adalah:
1. Orang tersebut menunda shalat dari awal waktunya sehingga ia selalu mengakhirkan sampai habis waktunya, kemudian ia baru MENGERJAKANNYA diluar waktunya.
2. Orang tersebut tidak melaksanakan rukun dan syarat shalat sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah Ta’ala dan dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Atau TIDAK MENYEMPURNAKANNYA; seperti shalat dengan tidak sempurna wudhu’nya, tidak thuma’ninah, dll.
3. Orang tersebut tidak khusyu’ dalam shalat dan tidak merenungi makna bacaan shalat.
Nah sudah jelaskan, tunggu apalagi ayo kita istiqomaahkan sholat kita khusyuk dan tentunya tepat pada waktunya :)
"Yang Sholat saja Masih beum tentu selamat, Apalagi Yang TIDAK SHOLAT?" :)
Tulisan adalah perkataan, tiada kata yg lebih baik, mengajak manusia kepada ketaatan (dakwah).

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comments
Viewed Articles

12 komentar

Super sekali, saya baru saja mempermasalahkan "Yang Sholat saja Masih beum tentu selamat, Apalagi Yang TIDAK SHOLAT"

bener banget bang :)

Ane setuju bgt..budayakan sholat buat yang muslim..#wajib hukumnya..

Judulnya bikin tegang, kirain apaan hehe..
Nice post gan

Thanks gan udah ngnigetin. Wah, judul nya ane kira apaan :D

hhhe emang kiranya apaan? wkwkw

Mantap Infonya, bener juga yg sholat aja belum tentu selamat apalagi yang enggak sholat. Jadi Inget. Berguna banget infonya

Mampir gan ke Info UNik >> uniknya.com

makanya sholat dulu gih :D

Wah, ane kira ini posting rasis gan :D ternyata ngga hehe :)
bermanfaat infonya gan :)

Thanks For Your Comment Here