Slider

Powered by Blogger.

Inspirasi

Misteri

Health

Fashion

Kuliner

Video Rekomentasi

Semua orang pasti sudah tahu tanggal berapa negara merdeka, siapa yang pertama kali mengibarkan sang merah putih, dan siapa yang membacakan teks Proklamasi. Tanggal 17 agustus adalah hari kemerdekaan negara kita Indonesia, kita sebagai warga negara yang masih mencintai negaranya tentu diwajibkan untuk melakukan Upacara kemerdekaan Indonesia, baik itu di kampung, di bale desa, di bale kota, dan sebagainya. Tadi pagi, tepatnya pukul 07.30 WIB saya mengikuti upacara dalam memperingati Hari  Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-69 (HUT RI 69) di depan Gedung Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia.


Pada hari bersejarah Bangsa Indonesia, inilah teks proklamasi yang dibaca oleh Ir.Soekarno dan Moh.Hatta. Setelah kekalahan Jepang kepada Sekutu ditandai dengan dijatuhkannya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki pada 6 Agustus 1945. Para pejuang di Indonesia berusaha untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia tanpa bantuan/pemberian kemerdekaan dari Jepang. Sempat terjadi perdebatan antara golongan tua yang berpendapat menunggu situasi dulu dan golongan muda yang menginginkan kemerdekaan Indonesia harus segera diproklamasikan tanpa menunggu Komando dari pihak Jepang.

Rengasdengklok, Golongan Muda yang telah terbakar semangat membuat gerakan dengan membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Hal ini untuk mencegah Mereka dipengaruhi oleh Jepang agar menunda proklamasi kemerdekaan. Golongan muda meyakinkan kepada Golongan Tua bahwa Jepang telah benar-benar menyerah kepada Sekutu. Setelah bermusyawarah akhirnya disepakati Soekarno dan Hatta pun meminta bantuan Laksamana Maeda untuk memfasilitasi tempat pembuatan naskah proklamasi dan Proklamasi akan di lakukan di Jakarta, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta.
 

Tahukah anda, ternyata yeks Proklamasi yang ditulis langsung oleh Bung karno dan didikte oleh Bung Hatta nyaris saja hilang. untungnya, ada seorang putera asal Aceh yang juga  tokoh pers, pejuang kemerdekaan, diplomat, dan pengusaha Indonesia yang menyelamatkan (menemukan) teks proklamasi tersebut di dalam tong sampah.

Mungkin anda bertanya-tanya "mengapa teks proklamasi yang sangat penting itu kok ada dalam tempat sampah? ". Mari kita simak ceritanya di bawah ini :
Menurut berbagai sumber, Diah menemukan naskah proklamasi tulisan tangan Soekarno tersebut di keranjang sampah di Rumah Laksamana Maeda, 17 Agustus 1945 dini hari, setelah disalin dengan mesin tik oleh Sayuti Melik.

Takut akan dibuang kembali, Diah pun menyimpan naskah asli proklamasi itu selama 49 tahun lamanya sebelum akhirnya diserahkan ke pemerintah pada tanggal 29 Mei 1992.

Tragedi pembuangan naskah proklamasi tulisan tangan Soekarno ini pun dibenarkan oleh seorang yang mengaku bekas tentara buatan Jepang, pembela tanah air (PETA) bernama Andaryoko.
Andaryoko menuturkan kisah pembuangan naskah proklamasi dalam versi lainnya. Menurutnya, tragedi berawal ketika naskah proklamasi tersebut ditulis oleh Bung Karno sekitar pukul 04.00 WIB, 17 Agustus 1945. Setelah selesai, Bung Karno kemudian memberikan naskah itu kepada para pemuda yang berkumpul di rumahnya, Jalan Pegangsaan Timur No 56. Naskah itu selanjutnya diketik oleh Sayuti Melik.

Setelah usai diketik oleh Sayuti Melik, Andaryoko menceritakan bahwa naskah tersebut nyaris dibuang oleh Sayuti Melik dan dibuang karena dianggap tidak dibutuhkan lagi.
Setelah ditunjukkan naskah proklamasi hasil ketikan Sayuti Melik, usai mandi, Bung Karno bertanya soal naskah aslinya.

Setelah ditanyakan tentang keberadaan naskah aslinya, Andaryoko menceritakan bahwa Sayuti Melik langsung mencari kertas tulisan tangan Soekarno dan menyetrikanya agar bisa utuh seperti semula.

Dan saat ini naskah asli tersebut berada di Arsip Nasional. Jika tidak diselamatkan oleh Diah, entah apa yang terjadi dengan dokumen bersejarah tersebut.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comments
Viewed Articles

28 komentar

mantap gan infonya
terima kasih ya :)

Haduh, padahal sangat berharga sekali teks itu. Menjadi saksi bisu sebuah kemerdakaan Indonesia (h)

sama-sama dan semoga bermanfaat :)

iya berharga banget :)

waaah., parah banget itu mahh ! :-b tpi untungnya ada yang menemukan, #alhamdulillah harus ttep dijaga dan dirawat peninggalan sejarah bangsa Indonesia.

iya, karena sejarah itu sangat berharga :)

Walah Seperti Itu Ya Gan :D , Makasih Deh Infonya

iya seperti itulah kronologinya :)

kok bisa ya kertas sepenting itu masuk tempat sampah..

itu tidak sengaja, dan menurutnya buat apa kertas itu toh sudah ada yang diketik ulang pake mesin.

wah bapak Sayuti Melik main buang buang aja nih -_-

haduhh parah...

thanks infonya gan,, kini ane jdi lebih tau

baru tau nih :/ makasih info nyaaaa

Free download software cv-teknologi.blogspot.com

hhe sama-sama ;) udah kok :)

wah untung za teks proklamsi itu dpat ditemukan...
klo hilang bagaimana nantinya... hemmm
thanks infonya gans.

Aduhh.. parah banget ini. Btw thank's ya infonya

Wahh .. Parah banget Nih Gan . Ane aja baru tau Nih . Thanks ya Gan Infonya :D

sayang banget :) benda bersejarah itu! untung masih bisa diselamatkan :)

hhe nanti gak ada bukti sejarahnya dong :)

hhhe iya nih, untungny ada yang ngambil :)

Wahh Baru Tau Saya Gan , Di Buku Sejarah kok ga ada ya gan hehe...

mungkin di sembunyikan . .. hhe

Thanks For Your Comment Here