Slider

Powered by Blogger.

Inspirasi

Misteri

Health

Fashion

Kuliner

Video Rekomentasi

Bicara tentang akhwat, pasti yang ada dipikiran antum semua ialah cantik (ya iyalah kan wanita :D), lembut suaranya, santun perilakunya, menjaga auratnya, menjaga pandangannya, kalau ada masalah mudah menangis, terlihat agak cuek kepada ikhwan dan Muslimah banget deh. Kata akhwat dan ikhwan akan sering terdengar apabila antum semua berada dalam lingkungan organisasi atau forum islami, baik itu yang ada di institusi formal maupun non formal.
Kok akhwat tangguh, kan akhwat itu seharusnya lembut, jadi untuk apa menjadi akhwat tangguh. emangnya mau jadi security, mau jadi poisi wanita, mau jadi tentara, atau mau jadi tukang ojek wanita? akhwat tangguh yang anda pikirkan pasti wanita yang perawakannya besar seperti laki-laki atau mempunyai pekerjaan yang setara dengan pekerjaan laki-laki.

Lalu seperti apa sih akhwat tangguh itu?


 Siti Khadijah, sosok keibuan yang tiada bandingnya di hati Rasulullah SAW. Bahkan Rasul-pun sering menyebut namanya walau beliau sudah tiada hingga Aisyah cemburu dibuatnya. Khadijah adalah sosok penuh pesona, walaupun beliau seorang janda, seorang hartawan dan bangsawan, tapi tak membuatnya bimbang untuk menyerahkannya demi ke-muntijah-an Islam.
Aisyah adalah sosok wanita dengan kedalaman ilmu yang sangat luar biasa. Bahkan seorang sahabat berkata, “Kalau ilmu Aisyah ditukar dengan ilmu para wanita di dunia, niscaya tidak sebanding dengannya. Hafalan hadisnya tidak perlu diragukan, kepandaiannya dalam ilmu kedokteran dan sastra, tidak perlu disangkal.
Hafshah binti Umar adalah seorang pemelihara al-Quran. Ummu Salamah dalah istri Rasulullah SAW yang pertama masuk Madinah. Ummu Habibah adalah mukminah yang amat setia terhadap agamanya.
Juwairiyah binti Al-Harist adalah wanita pembawa berkah besar bagi kaumnya. Para shohabiyah-pun tak perlu diragukan lagi. Asma’ binti Abu Bakar ialah Sang pemilik dua ikat pinggang. Ummu Khultsum binti Ali ialah bidan muslimah pertama. Sumayyah binti Khayyath ialah Syahidah pertama dalam Islam. Ummu ‘Umarah ialah prajurit mukminah.

Nah, merekalah para akhwat tangguh yang ada pada jaman Nabi Muhammad SAW. lalu kan jaman sekarang sama dulu beda banget, dari segi budaya, lingkungan, orang, dan sebagainnya.  jadi apa yang harus akhwat lakukan supaya menjadi akhwat tangguh?


menurut sadiah nuraini, ada rumus yang wajib dikerjakan juka antum mau menjadi akhwat tangguh, rumus tersebut dinamakan rumus 3U, yaitu :

1. UPDATE NIAT
عن أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ” إنما الأعمال بالنيات , وإنما لكل امرئ ما نوى , فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله , ومن كانت هجرته إلى دنيا يصيبها و امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه “-  متفق عليه –
Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Al-Khathab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”.
Hadist diatas sudah jelas, bahwa semua amalan-amalan yang kita perbuat itu tergantung pada niat kita. kalau mau istiqomah, ya niatnya untuk mencari ridho Alloh jangan berniat hanya untuk di sanjung oleh sesama manusia.

2. UPGRADE SEMANGAT
Niat sudah ada, tapi kalau semangat untuk merealisasikan sesuatu yang kita niatkan tidak ada. hhmmm, ya sama juga bo’ong dong !!! ibarat kita mau lapar dan membutuhkan makanan, tetapi anda tidak berikhtiar untuk membeli/membuat makanan, dan malah update status di facebook "lapar euummz pengen makan" hhha itu adalah cara yang konyol dan tidak bermanfaat untuk kita sendiri.
Seorang akhwat haruslah semangat untuk belajar dari segala hal yang ada di sekitarnya, baik itu suatu hal yang kecil sekalipun karena siapa tahu sesuatu yang kecil bisa menjadi sesuatu yang besar. So, ambil sisi positif dari setiap ilmu yang diperoleh. Jangan patah semangat untuk menggapai ilmu! Karena ilmu yang bermanfaat adalah salah satu dari “harta simpanan” yang akan kita bawa setelah kita meninggalkan dunia ini. Tak hanya semangat untuk mencari ilmu, tapi semangat pula untuk mengamalkan dan mentransfernya pada orang lain. Semangatlah dalam beribadah, semangatlah untuk terus berusaha mewujudkan impian, semangatlah untuk membahagiakan orang-orang tercinta, dan yang pasti upgrade-lah semangatmu untuk terus berusaha LEBIH DEKAT.. LEBIH DEKAT.. dan LEBIH DEKAAAAAT lagi dengan Allah SWT..

3. UPLOAD AMALAN FULL MANFAAT
Ilmu tanpa amal = bohong!
Amal tanpa ilmu = sombong!
Nah, ilmu yang kita miliki dan amalan yang kita jalankan harus sinergis. Tahu kan, bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat (ayat berapa ya??? hhe, silahkan buka kembali Al Qur’annya.. hehe). Jangan hanya berdiam diri, perbanyaklah aktivitas yang bisa mendatangkan manfaat untuk masyarakat. Jangan jadi benalu bagi sekitar kita. Tapi jadilah oase yang menyejukkan. Sosok teladan yang mampu memberi contoh dan kontribusi positif.

Mungkin itulah yang dapat saya tulis, dan semoga bermanfaat bagi antum semua :) terutama untuk para akhwat :).

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comments
Viewed Articles

16 komentar

bagus apanya bang? :D

wow... nice banget gan artikelnya :D

artikelnya bermanfaat gan...
tapi ini era emansipasi wanita hehe...
banyak wanita yg tidak mau kalah dlm urusan berkarier... hehe

tapi seyogyanya emansipasi wanita itu harus ada batas kewajarannya :)

banyak wanita yang telah melampaui kodratnya sehingga menjerumuskan dirinya sendiri, semoga banyak wanita yang membaca ini gan

nice artikel gan :) semoga wanita bisa seperti yang ada di post ini :D

mudah2an gan doakan saja :)

keren mas artikelnya,,, sangat bermanfaat ini untuk semua orang

Benar gan. Setuju dengan pernyataan "hijabmu tak kan pernah membatasi aktivitasmu".
Semoga menginspirasi kaum perempuan khususnya dan laki-laki juga umumnya agar senantiasa saling menghormati dan menjaga diri.
Keep share!

bener banget bang :) makasih :)

Nice post gan semoga berguna juga bagi yg lain.

Thanks For Your Comment Here