Slider

Powered by Blogger.

Inspirasi

Misteri

Health

Fashion

Kuliner

Video Rekomentasi

robot modern

Robot identik dengan peradaban yang sangat maju. tak ayal kita sering menyebut rusia, amerika, jepang sebagai sebuah negara yang mempunyai peradaban sangat maju saat ini, dibuktikan dengan banyaknya tekonologi robot yang mereka produksi sampai saat ini.

Tapi tahukah anda siapa yang pertama kali membuat robot di dunia ini? orang amerika-kah? jepang-kah? atau rusia? maaf jawabannya tidak ada dalam pilihan tersebut, yang jelas orang yang pertama-kali membuat sebuah robot ialah seorang muslim, beliau bernama Ibnu Ismail Al Jazari. Beliau lahir di Al-jazira, tepatnya antara sungai tigris dan sungai efrat. Beliau bernama lengkap Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari, tinggal di Diyar Bakir, Turki pada abad kedua belas (12).

Pada tahun 1174 sampai tahun 1200 beliau bekerja sebagai ahli teknik di kerajaan Urtuq Bakir, Turki. Di masanya, beliau sudah bisa membuat robot manusia yang bisa di program. Beliau juga mengembangkan prinsip hidrolik yang kemudian sering kita kenal dengan mesin robot.

robot musik

Salah satu robot yang diciptakan Al Jazari kala itu ialah berbentuk sebuah perahu terapung di sebuah danau yang ditumpangi empat robot pemain musik, dua penabuh drum, satu pemetik harpa, dan peniup seruling. Robot ini diciptakan untuk menghibur para tamu kerajaan dalam suatu acara jamuan minum.

Teknologi yang dikembangkan beliau sudah mencapai 50 jenis dan semua ditulis dalam kitab yang berjudul “The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices”

Seorang ahli teknik asal Inggris, Donal Hill sangat kagum dengan pencapaian Al Jazari. Ia berpendapat, ”Tak mungkin mengabaikan hasil karya Al-Jazari yang begitu penting. Dalam bukunya, beliau begitu detail memaparkan instruksi untuk mendesain, merakit, dan membuat sebuah mesin.”

jam gajah
Salah satu karya beliau yang membuat Donald Hill kagum adalah jam gajah, diciptakan sekitar tahun 1206. Cara kerjanya ialah dengan tenaga air dan berat benda untuk menggerakkan secara otomatis sistem mekanis, yang dalam interval tertentu akan memberikan suara simbal dan burung berkicau. Replika jam gajah dapat dilihat saat ini di London Science Museum.

Pada acara World of Islam Festival yang diselenggarakan di Inggris pada 1976, banyak orang yang berdecak kagum dengan hasil karya beliau. Ketertarikan Donald Hill terhadap karya beliau (Al-Jazari) membuatnya terdorong untuk menerjemahkan karya Al-Jazari pada 1974, atau enam abad dan enam puluh delapan tahun setelah pengarangnya menyelesaikan karyanya.

Waw begitu cerdasnya seorang Muslim (Al-Jazari) tersebut. Ternyata muslim lebih cerdas dari-pada orang non-muslim. So marilah kita menjadi Cendikiawan Islam sejati seperti beliau (Al-Jazari).

Tahukah Kamu?  Menurut Encylopedia of Britanica, Leonardo Da Vinci mendapat banyak pengaruh ilmu dari Al Jazari.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Post Comments
Viewed Articles

2 komentar

banyak ilmuan muslim yang lebih hebat dari ilmuan barat, tapi semua selalu disamarkan. sampai akhirnya banyak yang menganggap bahwa orang barat itu lebih hebat.

wah bener sekali bu rima :D

Thanks For Your Comment Here